Selamat datang diblog kami, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencari suatu informasi

Jumat, 07 Oktober 2011

Kerusakan yang sering terjadi pada peralatan audio video

v  Kerusakan pada TV
·         Remote control = merupakan salah satu alat yang penting dalam menggunakan tv karena beberapa tv di akses melalui remote yang berfungsi sebagai full control. Jika remote mengalami kerusakan maka tv tidak bias di atur dengan jarak jauh.




·         Tabung pada TV = merupakan suatu bagian dari TV yang berfungsi sebagai penghasil gambar pada layar TV, jika mengalami kerusakan maka gambar pada layar TV tidak akan muncul.






·         Flyback = merupakan suatu alat yang paling terpenting di dalam bagian TV, karena flyback ini brerfungsi untuk menghasil daya tegangan tinggi dan tegangan rendah untuk memuat gambar pada tabung TV, jika rusak maka tegangan tidak terkendali sehingga tabung tv akan drop itu yang menyebabkan seringnya kegagalan terjadi pada tabung TV.






·         Mother board = merupakan suatu alat yang menambung berbagai rangkain yang mempunyai kegunaan masing masing, mother board merupakan jalur lalu lintas arus yang mengalir sesuai fungsi rangkaian masing masing yang terdapat pada mother board, jika mengalami kerusakan maka otomatis semua rangkain yang tersusun di atasnya akan mengalami kerusakan semua nya.






·         Trafo = komponen satu ini mempunyai sifat kesensitifan yang tinggi, bila kita sedang menyalakan TV dan tiba – tiba lampu mati dapat menyebabkan drop secara perlahan lahan, ini memberikan dampak kepada tabung TV dan juga pada layar TV anda yang memberikan warna kurang maksimal, gambar pecah pecah dan sering kali gambar yang dihasilkan tidak berbentuk rata, untuk beberapa waktu untuk kembali semula. Ini dapat juga berpengaruh terhadap flyback sehingga tidak dapat mengontrol masukan arus yang berlebihan.






v  Kerusakan pada DVD
·         optic laser = merupakan motor pembaca kaset ( CD ) yang  berfungsi untuk menampilkan gambar dan suara yang tersimpan dalam kaset tersebut, jika mengalami kegagalan akan mengakibatkan kaset tidak dapat berfungsi sesuai peruntukannya.






·         Motor dynamo spidle = merupakan bagian alat yang berfungsi untuk memutarkan CD agar dapat di baca oleh optic laser, jika motor dynamo spidle mengalami kerusakan maka potic laser tidak akan berfungsi dan CD tidak dapat diputar.






v  Kerusakan pada Speaker
·         Speaker mengeluarkan suara dengung = Input/suara dari vcd/dvd tidak masuk ke salon. Kerusakan macam ini disebabkan karena power-amplifiernya terbakar. Penyebab terbakarnya mesin tersebut kemungkinan karena pemakain yang over/berlebih. Sehingga transistor/ic menjadi terlalu panas. Atau bisa juga karena ada kabel output yang mengalami hubungan pendek. (Sifat dari power model OCL kalau pada output terjadi hubungan pendek maka transistor/ic power akan terbakar. Baca artikel saya, Soundsystem).






·         Sound mati sebelah
Masalah ini bisa terjadi antara lain karena :
-       Power mati sebelah untuk yang bermesin stereo. Perbaikannya adalah melakukan reparasi pada bagian 
-       Power amplifier Speaker mati
Perbaikannya adalah melakukan penggantian loudspeaker.
-       Saat saklar power dihidupkan aliran listrik rumah mati
Penyebab dari masalah ini adalah trafo catu daya mengalami korsleting, mungkin karena terbakar atau mutu kawat email/bahan trafo kurang baik(untuk yang pakai trafo sebagai sumber catu daya). Perbaikan hanya bisa dilakukan dengan mengganti trafo catu daya-nya. Sedang jika catu dayanya dipakai rangkaian switching/ac-matic, mengatasinya adalah melakukan reparasi bagian ac-maticnya.
-       Ada suara kemresek ketika potensio-potensio pengatur volume, bass dan treable diputar.
Yang ini mungkin andapun sudah tahu. Sebaiknya potensio diganti, tapi bila pelanggan menginginkan supaya dibersihkan saja, saya bersedia melaksanakannya.






v  Kerusakan pada radio


·         Tunner = merupakan serangkain alat yang di gunakan untuk mencari sinyal sinyal frequensi, sering juga tunner ini mengalami sedikit kemelesetan dalam mencari sinyal ferequensi sehingga frequensi tidak tersambung secara akurasi ini menimbulkan noice noice pada suara yang di hasilkan.






·         Speaker dalam = tiadak sesuainya suara yang di hasilkan standar maximum suara yang harus di keluarkan, mengakibatkan terjadinya pecahan suara       ( mem – bass ) sehingga suara terdengar pecah atau noice.






v  Kerusakan pada kamera video


·         Titik Fokus = Jika kamera video yang menggunakan kefokusan manual sering terjadinya kerusakan pada pengaturan titik focus, biasanya terjadinya “LOSE”. Membuat bayangan focus tidak jatuh dengan tetap sesuai kefokusan aslinya dengan kata lain focus yang terjadi katakana dengan “BLUR”.






·         Monitor Kamera Video = Sering terjadinya blank tau kerusakan, diduga akibat dari serangan virus yang menyebabakan kaset ( Mini DV ) mengeluarkan garis – garis hitam yang tebal, dan kaset tidak dapat digunakan kembali.






·         Mini DV = Merupakan kaset untuk melakukan pengambilan gambar sehingga kerap sekali kaset ini harus digunakan dalam pengerjaan, tetapi terkadang mini DV ini mudah sekali terkena virus sehingga kaset ini kotor, bila tetap digunakan maka akan membahayakan kamera video nya itu sendiri. Diharapkan sebelum menggunakan Mini DV terlebih dahulu gunakan kaset pembersih ( Head Cleaning ) untuk menghindari dari adanya virus.
                     
                              Mini DV                                        






Head cleaning












0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites